Lowongan PENDAMPING SEKOLAH DAMAI

Wahid Foundation, lembaga yang berusaha mewujudkan prinsip dan cita-cita intelektual Abdurrahman Wahid dalam membangun pemikiran Islam moderat yang mendorong terciptanya demokrasi, multikulturalisme dan toleransi di kalangan kaum muslim di Indonesia dan seluruh dunia.

Untuk memperkuat toleransi dan perdamaian di dunia pendidikan Wahid Foundation menginisiasi Sekolah Damai, program yang menyasar sekolah-sekolah formal secara terencana dan terukur untuk mengembangkan budaya damai melalui kebijakan dan praktik toleransi dengan melibatkan warga sekolah secara partisipatif, kolaboratif, dan kreatif. Sekolah Damai menyasar pengembangan tiga pilar: kebijakan, praktik toleransi dan perdamaian, serta pengelolaan organisasi kesiswaan.

Kami mengajak Anda bergabung bersama Wahid Foundation sebagai Pendamping Sekolah Damai di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kami membutuhkan empat Pendamping Sekolah Damai untuk empat wilayah tersebut.

Tugas Utama:
1. Mendampingi dan atau menjalankan pelaksanaan program Sekolah Damai di area program.
2. Mendampingi sekolah mengidentifkasi, mengidentifkasi potensi, dan implementasi indikator-indikator Sekolah Damai.
3. Melakukan kunjungan sekolah secara periodik atau insidental.
4. Berkomunikasi dan membangun jaringan dengan pemangku kepentingan program Sekolah Damai di area program (kepala sekolah, asosiasi guru, dinas pendidikan, perwakilan pemerintah daerah, media lokal, dan organisasi masyarakat lokal).
5. Membuat laporan-laporan periodik atau insidental pelaksanaan program.
6. Menghadiri pertemuan dan rapat-rapat program dan atau lembaga.
7. Melaksanakan aktivitas relevan lain yang diminta.

Kualifikasi:
1. Pendidikan minimal S1.
2. Memiliki latar belakang dan pengalaman minimal tiga tahun dalam kerja dan program-program organisasi masyarakat sipil di bidang pendidikan, sosial, atau keagamaan.
3. Memiliki pengalaman minimal satu tahun membangun komunikasi dan penguatan jaringan dengan perwakilan atau institusi-institusi pemerintah, khususnya bidang pendidikan.
4. Memiliki pengetahuan dan minat pada isu-isu pendidikan, agama, toleransi, dan perdamaian.
5. Memiliki inisiatif, kreativitas, dan kemampuan bekerja sama dalam tim.
6. Memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik.
7. Memahami dinamika dan konteks lokal di mana program dijalankan.
8. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan, monitoring dan evaluasi program dan kegiatan.

Jika berminat untuk melamar, kirimkan CV dan surat lamaran dengan paragraf singkat berisi pengalaman Anda yang berhubungan dengan kualifikasi diatas ke recruitment@wahidinstitute.org dengan subyek Pendamping Sekolah Damai – Wilayah – Nama Pelamar sebelum 9 Agustus 2019.


Tersedia di Google Playstore

Instagram

 INSTAGRAM


Linkedin

 INSTAGRAM


Facebook

 INSTAGRAM


Popular Posts