Lowongan Tenaga Ahli Fotografi - Kemitraan

Tenaga Ahli Fotografi untuk Dokumentasi Visual Program Desa Peduli Gambut

September 2019

Latarbelakang

Kemitraan (the Partnership for Governance Reform, PGR) melalui dukungan Pemerintah Norwegia, sejak tahun 2017 hingga pertengahan tahun 2020 terlibat langsung dalam Program Desa Peduli Gambut guna mendukung target restorasi gambut oleh Badan Restorasi Gambut (BRG). BRG merupakan lembaga ad hoc yang dibentuk oleh Presiden Joko Widodo melalui penerbitan Peraturan Presiden No.1 tahun 2016 tentang Pembentukan BRG. Pada sisi lain, Kemitraan berperan sebagai pelaksana program yang berjudul “Menyiapkan Pengelolaan Restorasi Gambut di Tingkat Desa di Indonesia” pada 109 lokasi desa yang secara langsung menerima intervensi program, dan 150 desa lainnya yang diintervensi secara tidak langsung, dan tersebar di 7 Provinsi (Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua). Desa Peduli Gambut (DPG) merupakan pendekatan yang dirancang untuk melembagakan pendekatan partisipasi dalam kegiatan restorasi gambut di tingkat desa. Kegiatan restorasi gambut dilakukan dengan mengembalikan kembali fungsi ekosistem gambut sebagai reservoir air dan karbon melalui upaya pembasahan lahan gambut, penanaman kembali lahan gambut yang telah rusak, dan pemberdayaan komunitas di desa-desa pada lokasi prioritas restorasi gambut. Beragam progress dan capaian telah dihasilkan dari implementasi Program DPG selama kurun waktu 2 tahun terakhir baik di tingkat PMU Jakarta dan PMU di 7 Provinsi.

Program Desa Peduli Gambut memiliki tiga outcome besar yang menjadi bagian dari kerangka teori perubahan, yakni: i) Pengelolaan lahan gambut berkelanjutan dipraktikkan di desa-desa DPG; ii) restorasi gambut terintegrasi ke dalam kebijakan perencanaan desa dan hak tenurial komunitas diperkuat di desa-desa DPG; dan iii) Model pendekatan Desa Peduli Gambut dilakukan secara efektif untuk direplikasi dan diperluas. Upaya pendokumentasian pembelajaran Program Desa Peduli Gambut menjadi salah satu strategi guna identifikasi praktik baik Program, yang dapat menjadi rekomendasi perbaikan kebijakan tata kelola gambut. Kerangka acuan kerja ini disusun sebagai panduan perekrutan dan pedoman kerja bagi Tim Dokumentasi Visual dalam menangkap moment dan cerita penting di tapak selama periode implementasi program. Upaya pendokumentasian visual rangkaian program DPG menjadi bagian penting dalam proses mengemas pesan kunci (key messages) dan cerita program kepada publik. Kombinasi narasi cerita dan foto menjadi bagian penting dalam meningkatkan perhatian publik terhadap isu restorasi gambut, dan juga membentuk sensitivitas komunitas baik di desa dan kota terkait isu lingkungan, khususnya tata kelola gambut.

Ringkasan Posisi Konsultan

Kemitraan mencari konsultan individual yang memiliki keahlian dalam mendokumentasian cerita dari komunitas di desa-desa DPG secara visual  dengan spesifik kepada kemampuan pengumpulan data visual berupa foto yang hidup di setting ekosistem gambut yang berlokasi di dalam kawasan hutan, pesisir sungai, pesisir laut atau bahkan di kepulauan yang remote area. Kemampuan pengambilan foto juga perlu diperkuat dengan konteks cerita dari setiap produk visual yang dihimpun di lapangan, oleh karena itu Tim Dokumentasi Visual juga secara khusus perlu memiliki keahlian dalam menggali cerita sebagai konteks dari produk visual yang tidak terlepaskan.

Periode konsultasi konsultan dokumentasi visual mencakup 14 hari kerja yang dimulai sejak 16 September 2019 hingga 30 September 2019. Hari kerja mencakup kerja di lapangan dan desk job untuk tahapan editing produk visual guna digunakan dalam Dokumen Produk Pengetahuan Program Desa Peduli Gambut.

Periode Kerja

Periode kerja dirancang on demand berdasarkan target deliverables yang telah ditentukan dari setiap fieldtrip di lapangan. Tim Komunikasi Program DPG akan menyusun shooting list sebagai pedoman kerja konsultan fotografer lokal setiap kali kegiatan di lapangan. Tenaga konsultan fotografer lokal dengan dibantu oleh Tim Komunikasi Program DPG perlu menyusun Kerangka Acuan Kerja setiap perjalanan untuk merincikan shooting list (daftar pengambilan foto) yang perlu dilakukan rinci dengan caption cerita dan lokasi sumber data (desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi)..

Lingkup Kerja

Kemitraan membutuhkan tenaga ahli fotografer untuk mendokumentasikan Program DPG secara visual pada situasi lingkungan terkini di lokasi project sesuai dengan permintaan kunjungan lapangan oleh Project Management Unit. Kemampuan mendokumentasikan termasuk memperlihatkan kerusakan ekosistem gambut di lokasi project, begitu juga capaian program DPG di lokasi project. Gambar foto yang dihimpun akan membangun pembelajaran dan keberhasilan dari Pendekatan Desa Peduli Gambut di tiap lokasi desa atau region. Tim dokumentasi juga diharapkan dapat melakukan perjalanan ke desa-desa yang berlokasi mudah dikunjungi dan remote area, untuk:

·         Mengambil foto dan dokumentasi visual lainnya tentang intervensi Program DPG, dan dampaknya bagi lingkungan serta mata pencahariaan komunitas

·         Menangkap cerita tentang dampak kerusakan ekosistem gambut bagi komunitas di lokasi proejct

·         Membuat kompilasi foto dari setiap kunjungannya di lapangan yang memperlihatkan keberhasilan program DPG di tapak, narasi komunitas tentang ekosistem gambut, dan proses implementasi Program DPG di desa, kabupaten dan region lokasi project.

Tim dokumentasi akan secara penuh bertanggungjawab untuk menyediakan jasa teknis produksi foto dengan peralatan mumpuni untuk memenuhi kualitas foto yang diharapkan.

Deliverables

a.      Foto dengan kualitas tinggi dan resolusi tinggi, edit dan caption foto telah diintegrasikan dalam CD, yang telah memuat:

-          Gambar dari penerima manfaat project DPG, di mana mereka tinggal, apa yang mereka lakukan kesehariannya, bagaimana Program DPG berdampak bagi kehidupan sehari-harinya sebagai komunitas di desa

-          Gambar tentang setting lokasi intervensi project, keseharian masyarakat, potensi sosial-ekonomi project, dan gambar lansekap lokasi project dalam format panoramic high resolution

-          Gambar tentang visual proses implementasi project DPG di lapangan.

b.      Laporan:  memuat laporan mendalam tentang semua lokasi pengumpulan data dokumentasi visual, termasuk nama subjek yang difoto, kontak detail dan informasi subjek untuk penjelasan di dalam Dokumen Produk Pengetahuan Program ataupun untuk keperluan dokumentasi visual Program DPG lainnya

Kualifikasi

1)      Kemampuan fotografi yang mumpuni dan didukung oleh perangkat fotografi yang sesuai dengan spesifikasi kualitas luaran dokumen foto  (Photo 35 mm, Digital JPEG+RAW, size per foto sekitar 3 mb )

2)      Kemampuan melakukan editing foto dengan perangkat lunak pendukungnya

3)      Lima tahun pengalaman dalam dunia dokumentasi visual (lampirkan portofolio atau link untuk preview produk visual yang pernah dihasilkan)

4)      Berpengalaman bekerja di remote area termasuk di desa-desa lokasi Ekosistem Gambut

5)      Kemampuan bekerja di setting lingkungan multikultural dan dihadapkan oleh beragam konteks yang dapat menjadi sumber data dokumentasi visual

Property rights

Semua produk luaran Konsultan Dokumentasi Visual (baik dengan publikasi online atau cetak) harus mencantumkan credit pemilikan dari konsultan fotografer, yang secara spesifik diatur oleh Hak Kekayaan Intelektual di tingkat internasional. Pada sisi lain, konsultan dokumentasi visual tidak dapat menggunakan foto, mereproduksi atau mendiseminasikannya atau memberikan otorisasi kepada lembaga lain untuk menggunakan foto tanpa izin dari Kemitraan (the Partnership for Governance Reform).

Tata cara mengirimkan lamaran:
Kirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda ke:  recruitment@kemitraan.or.id
Cantumkan posisi yang diminati pada subyek email. 
Hanya kandidat yang lolos short list yang akan dikabari untuk penjadwalan wawancara. 
Lamaran ditutup  : 18 September 2019 

Tersedia di Google Playstore

Instagram

 INSTAGRAM


Linkedin

 INSTAGRAM


Facebook

 INSTAGRAM


Popular Posts