Lowongan WWF INDONESIA (SEA PROJECT) VACANCY: 2 posisi untuk TENAGA MONITORING DAN BIDIVERSITY ASSISTANT (NON-STAFF) di Seram Utara & Seram Utara Barat dan Seram Bagian Timur

Bila anda peduli dengan lingkungan dan ingin berkontribusi dalam upaya konservasi di Indonesia, inilah kesempatan bagi anda untuk bergabung dengan organisasi konservasi nasional terbesar di Indonesia. WWF-Indonesia, organisasi konservasi nasional yang mandiri dan merupakan bagian dari jaringan global WWF.

Project ‘Sustainable Ecosystem Advance” (SEA) adalah proyek yang didanai oleh USAID melalui firma konsultan Tetratech dan diimplementasikan oleh WWF Indonesia. Project ini bekerja di tiga wilayah yaitu Propinsi Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat dan membutuhkan kandidat terbaik untuk mengisi posisi sebagai Tenaga Monitoring and Biodiversity Assistant dengan wilayah penempatan di Seram Utara & Seram Utara Barat (1 orang) dan Seram Bagian Timur (1 orang), provinsi Maluku.

Biodiversity Monitoring Assistant akan bertugas untuk melaksanakan persiapan hingga pelaporan monitoring seperti monitoring ekologi (Reef health, SPAG, lokasi peneluran penyu), dan monitoring pemanfaatan atau Resource Use Monitoring serta menjadi fasilitator dalam hal pendekatan, memfasilitasi komunitas yang telah dibentuk selama SEA Project berjalan dan koordinasi dengan masyarakat sebagai bagian dari optimalisasi proses penyusunan atau pengelolaan rencana pengelolaan dan zonasi. Posisi ini berada di bawah arahan GIS dan database officer dan melakukan koordinasi dengan MPA Officer. Seluruh tanggung jawab tersebut untuk mendukung proses penyusunan rencana zonasi MPA Serutbar dan di Seram Bagian Timur untuk optimalisasi kawasan konservasi TPK Pulau Koon.

Peran tenaga Biodiversity Monitoring Assistant adalah melakukan pengambilan dan analisis data kegiatan konservasi dan kelautan seperti RHM, RUM, SPAG dan lainnya; mendukung peningkatan kapasitas dalam bidang spasial planning di Kawasan konservasi perairan bagi mitra kerja di masyarakat, pemerintah daerah maupun akademisi; menjadi fasilitator lapangn pada daerah kerja WWF-Indonesia di Seram Utara, Seram Utara Barat dan Seram Bagian Timur; melakukan pelaporan berkala; menjalin koordinasi dan komunikasi aktif dengan internal tim WWF_Indonesia maupun dengan mitra pemerintah daerah, akademisi dan masyarakat.

Persyaratan:

1.       Minimal S1 dalam Ilmu Kelautan dan perikanan, oseanografi, Biologi atau ilmu terkait

2.       Mempunyai pengalaman dalam survei lapangan atau monitoring keanekaragaman hayati sumberdaya pesisir dan laut

3.       Memiliki pengalam bekerja dengan masyarakat

 Kompetensi Teknis:

1.       Memiliki jam selam minimal 100 log dive.

2.       Diutamakan memiliki sertifikat selam, minimal level advance.

3.       Memiliki kemampuan dalam melakukan identifikasi karang dan ikan karang minimal di level genus

4.       Pernah melakukan kegiatan monitoring sumberdaya pesisir dan laut (RUM, SPAGs, Nesting Turtle, RHM)

5.       Memiliki kemampuan dalam melakukan pengolahan dan analisa data sumberdaya pesisir dan laut (RUM, SPAGs, Nesting Turtle, RHM)

6.       Lebih disukai jika memiliki kemampuan teknis dalam mengoperasikan berbagai software GIS (ArcGIS, QGIS atau perangkat lunak relevan lainnya)

7.       Menguasai penggunaan peralatan survei dan pemetaan dengan baik seperti GPS, alat navigasi (kompas) dan lainnya

8.       Memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik tentang isu konservasi dan keanekaragaman hayati

9.       Memiliki kemampuan dalam perancangan design MPA menggunakan aplikasi Marxan

10.   Memiliki  kemampuan berkomunikasi dengan baik terutama dengan masyarakat

11.   Memiliki kemampuan menulis dan berbicara yang baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.

Kompetensi Non – Teknis:
Bekerja secara team maupun individual, dengan minimum supervisi

Independen, cerdas, dan mampu berpikir strategis


TOR untuk posisi ini dapat diakses pada link: https://drive.google.com/file/d/16XrB-dojW2WK02Pb962QDLt0hY_KdCYR/view


Jika anda tertarik dan memenuhi persyaratan di atas, silahkan mengirimkan surat lamaran/cover letter dan CV melalui e-mail ke: dtriani@wwf.id dengan subject email: [Monitoring Biodiversity Assistant] – Nama Lengkap Pelamar; paling lambat tanggal 7 September 2019.

Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi untuk posisi ini yang akan kami hubungi.

Tersedia di Google Playstore

Instagram

 INSTAGRAM


Linkedin

 INSTAGRAM


Facebook

 INSTAGRAM


Popular Posts