Lowongan Yayasan CELEBICA

Yayasan CELEBICA sedang mencari kandidat untuk posisi Manajer Operasional yang akan berkantor di Manado/ Sulawesi, dengan perjalanan tugas yang sering ke Jakarta/ Bogor/ situs lapangan lainnya.

LATAR BELAKANG DAN KEGIATAN CELEBICA
Didirikan pada tahun 2017 oleh sekelompok ilmuwan dan aktivis lingkungan, misi Yayasan CELEBICA adalah untuk membangun kemitraan jangka panjang dengan masyarakat lokal, pemerintah kabupaten dan provinsi di Sulawesi dan di seluruh Indonesia untuk mengembangkan proyek dan program yang mendukung dan mempertahankan perlindungan habitat dan spesies yang terancam, di samping pengembangan perekonomian yang berkelanjutan untuk masyarakat pedesaan.

Inti dari misi CELEBICA adalah pengakuan akan pentingnya kolaborasi dengan mitra yang berbeda, khususnya sektor swasta. Oleh karena itu, CELEBICA mencari kemitraan, baik secara finansial maupun teknis, dengan perusahaan swasta, pendanaan publik ataupun Yayasan - yayasan, baik domestik maupun internasional, untuk mencapai tujuannya.

Meskipun ada potensi untuk ekspansi ke geografi baru di Indonesia di masa depan, CELEBICA saat ini sedang mengembangkan serangkaian kegiatan inovatif di Sulawesi (Kabupaten Bolaang Mongondow), Sulawesi Utara), termasuk: 1) kolaborasi sektor swasta yang mendukung produksi komoditas dan perlindungan bentang alam/ laut; 2) pengembangan proyek dan kemitraan pariwisata alam dengan kelompok – kelompok di Indonesia dan internasional; dan 3) pengelolaan bersama masyarakat atas kawasan hutan di bawah manajemen CELEBICA untuk mengurangi deforestasi, di antara kegiatan lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut berpusat di sekitar 400ha hutan dan lahan pertanian serta pantai di bawah pengelolaan CELEBICA yang berfungsi sebagai habitat bagi sejumlah spesies endemik dan terancam Sulawesi. Kawasan ini juga memiliki perkebunan cengkeh, buah-buahan dan kelapa yang produktif, dan berpotensi untuk ditanami berbagai jenis tanaman pertanian. Salah satu strategi inti CELEBICA adalah mengeksplorasi bagaimana
produksi berkelanjutan tanaman pertanian di daerah ini dapat mendukung kegiatan konservasi di lapangan. Sebagai Yayasan baru, ada potensi yang cukup besar bagi organisasi untuk berkembang secara signifikan di luar kegiatan awal ini.


RINGKASAN PEKERJAAN
Manajer Operasi adalah posisi kunci yang diperlukan untuk mengelola semua kegiatan operasi umum yang terkait dengan kegiatan di atas. Pemegang posisi ini akan melapor langsung kepada Ketua Yayasan CELEBICA (Ketua Yayasan CELEBICA). Ia akan mengelola kegiatan operasi umum CELEBICA (keuangan / pengembangan bisnis/ administrasi/ sumber daya manusia). Ia juga akan secara umum bertanggung jawab untuk memastikan bahwa implementasi urusan administratif, keuangan & program CELEBICA memenuhi persyaratan operasional dan donor, dan peraturan Pemerintah Indonesia.

Posisi ini akan berkantor di Manado, tetapi akan sering bepergian ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Situs lapangan CELEBICA sangat terpencil dan sulit diakses, dan kandidat diharapkan merasa nyaman dengan perjalanan panjang ke lokasi pedesaan di Indonesia dan kadang-kadang dengan kondisi kerja yang sulit.

Tugas khusus meliputi:

1. Membangun dan memelihara sistem keuangan, kepegawaian dan administrasi untuk CELEBICA, untuk memastikan fungsi efisiensinya untuk memenuhi standar transparansi dan akuntabilitas yang memenuhi standar nasional Yayasan. Kemudian melakukan tinjauan berkala atas prosedur pengendalian internal, pemantauan arus kas, melaporkan setiap kelemahan pengendalian internal yang teridentifikasi dan menyarankan tindakan perbaikan kapan pun diperlukan kepada Ketua Yayasan CELEBICA.

2. Mengawasi fungsi manajemen keuangan, pelaporan dan administrasi untuk CELEBICA, dan mengatasi masalah yang muncul, untuk memastikan manajemen keuangan dan prosedur akuntansi CELEBICA memenuhi standar praktik terbaik, mengikuti manual operasi CELEBICA, seperti yang disyaratkan oleh donor, atau setidaknya sesuai dengan standar akuntansi Indonesia, PSAK 45 (laporan keuangan untuk entitas nirlaba) dan berkonsultasi dengan donor (jika relevan) sesuai kebutuhan untuk memastikan hal ini.

3. Mengurangi risiko fidusia terhadap CELEBICA melalui ketentuan bukti akuntansi, jejak audit dan prosedur yang lebih kuat, melalui proses manajemen keuangan yang lebih kuat yang dilakukan antar proyek, unit bisnis, dan fungsi manajemen lainnya.

4. Menyiapkan dan kemudian mengawasi sistem SDM untuk memastikan praktik yang baik dalam manajemen sumber daya manusia, yang berorientasi pada karyawan, menciptakan budaya kinerja tinggi yang menekankan pada pemberdayaan, kualitas, produktivitas dan standar, pencapaian tujuan, dan rekrutmen yang terbuka dan adil.

5. Membangun dan kemudian mengawasi petugas administrasi dalam pelaksanaan pengadaan aset, peralatan, dan persediaan dengan biaya yang efektif, dan memastikan pasokan barang dan peralatan diinventarisasi, dikeluarkan, dan digunakan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Ini akan mencakup asuransi properti, keamanan, transportasi resmi, perjalanan & layanan kantor umum lainnya.

Pengembangan Unit Bisnis & Manajemen Aset
6. Dukungan dalam membangun rencana dan proposal bisnis jangka panjang, menengah dan pendek CELEBICA, termasuk menerjemahkan visi dan misi CELEBICA sebagaimana disetujui oleh Dewan Wali Amanat ke dalam serangkaian program / unit bisnis yang layak, serta mempersiapkan dan mempresentasikan rencana kerja terperinci, setidaknya sekali tahun (tahunan) sebagaimana diharuskan Undang-Undang.

7. Memimpin tim CELEBICA dalam menyiapkan penyusunan awal proposal dan hibah/ kontrak kepada semua donor, untuk mengoordinasikan pengajuan dan tindak lanjutnya.

8. Mengawasi pelaksanaan program & unit bisnis sehari-hari dan persiapan anggaran tahunan CELEBICA yang tepat waktu, untuk memastikan dimasukkannya semua informasi keuangan dan tingkat manajemen, akuntansi, dan administrasi yang sesuai dan disertakannya biaya kantor terkait, untuk disetujui oleh Dewan dari Wali Amanat.

9. Membangun pengembangan unit bisnis, senantiasa melayani donor/ klien, dan memimpin hubungan dengan mitra bisnis, klien, donor, auditor (dari donor atau pemerintah) dan memberikan dukungan utama kepada Ketua Yayasan CELEBICA.

10. Menyusun daftar aset yang komprehensif, dan memastikan kelayakan dan kepatuhan hukumnya, termasuk koordinasi dengan Pengacara/ Notaris/ PPAT/ BPN sehubungan dengan manajemen aset CELEBICA.

11. Persiapan laporan manajemen aset triwulan tahunan kepada Ketua Yayasan CELEBICA untuk ditinjau, memastikan CELEBICA mengadakan rapat tindak lanjut secara teratur untuk menentukan efektivitas rencana kerja

12. Semua tugas kerja, tugas, dan/ atau fungsi lainnya yang mungkin ditugaskan atau diinstruksikan oleh Ketua Yayasan CELEBICA atau Dewan Wali Amanat dalam operasinya, yang dapat mencakup penugasan, tugas, dan/ atau fungsi yang berbeda dari yang telah disebutkan di atas.

Persyaratan
 • Minimal bergelar Sarjana manajemen bisnis, atau bidang terkait, atau berpengalaman yang setara untuk kualifikasi ini.

 • Minimum 5 tahun pengalaman pasca kualifikasi. Berpengalaman dalam administrasi hibah/ kontrak lebih disukai, dan/ atau berpengalaman terkait di sektor swasta.

 • Menunjukkan pengetahuan tentang hibah dan kepatuhan kontrak. Pengalaman dengan donor LSM besar lebih disukai.

 • Berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan adalah suatu keharusan.

 • Kemampuan untuk bekerja dengan baik sebagai anggota tim multi-disiplin, multi-nasional, bekerja efektif di bawah tekanan waktu dan dalam memenuhi tenggat waktu.

 • Keterampilan interpersonal yang kuat, kemampuan untuk bekerja dengan baik dengan berbagai macam orang dalam tim.

 • Keahlian komputer yang kuat sehubungan dengan komunikasi elektronik dan spreadsheet.

 • Pengalaman dengan sistem manajemen keuangan otomatis, baik untuk lembaga bisnis/ laba ataupun nirlaba.

Aplikasi
Peminat dapat mengirimkan CV dan surat lamaran ke alamat celebicayayasan@gmail.com <mailto:celebicayayasan@gmail.com.  Pekerjaan ini akan terisi saat pelamar yang cocok telah ditemukan. Pelamar yang berminat dimohon untuk mengirimkan surat lamarannya sebelum 31 Desember 2019.


Tersedia di Google Playstore

Instagram

 INSTAGRAM


Linkedin

 INSTAGRAM


Facebook

 INSTAGRAM


Popular Posts