Lowongan Community Development Coordinator di PR TB Aisyiyah

ToR

Koordinator Pengembangan Komunitas 

Lowongan Posisi:

Koordinator Pengembangan Komunitas (Community Development Coordinator)


Latar Belakang:

PR TB 'Aisyiyah adalah penerima utama dari proyek Global Fund for AIDS, Tuberkulosis & Malaria (GF-ATM) untuk melawan penyakit Tuberkulosis yang berbasis pada kegiatan masyarakat yang dikelola oleh Pimpinan Pusat Aisyiyah. ‘Aisyiyah adalah organisasi perempuan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah, dan tajdid yang bergerak di seluruh bidang kehidupan termasuk di dalamnya bidang sosial dan kesehatan. ‘Aisyiyah didirikan di Indonesia pada tahun 1917.

Pada Periode Implementasi Baru (2018-2020), ‘Aisyiyah telah dipilih sebagai Penerima Utama (PR) Global Fund untuk melaksanakan “Program TBC HIV berbasis komunitas” untuk mewakili Masyarakat Sipil Indonesia. Oleh karena itu ‘Aisyiyah bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kegiatan tingkat masyarakat dari Sub-Penerima (SR) sebagai perwakilan dari Organisasi Masyarakat Sipil (CSO) yang saat ini mencakup 14 provinsi dan 130 kabupaten/kota di Indonesia. Untuk melaksanakan program pengembangan komunitas di desa, PR TB Aisyiyah membuka lowongan untuk Community Development Coordinator.



Deskripsi Posisi:

Community Development Coordinator bertanggung jawab atas berjalannya intervensi penanggulangan TBC melalui program pengembangan dan pengorganisasian komunitas di tingkat kecamatan dan desa.

Tujuan dari kegiatan pengembangan dan pengorganisasian komunitas adalah untuk mendorong terciptanya lingkungan kondusif dalam upaya menemukan kasus baru TBC serta memberikan dukungan dalam pendampingan dan kesembuhan pasien TBC di komunitas. Community Development Coordinator bertanggung jawab langsung kepada Senior Project Coordinator dan Program Manager.



Tugas dan Tanggung Jawab

1.      Menyusun rencana kerja program pengembangan dan pengorganisasian komunitas dalam  upaya penanggulangan TBC di tingkat nasional dan sub-nasional serta di tingkat komunitas sesuai dengan Kerangka Acuan Kegiatan (KAK) yang sudah dibuat.

2.      Mengkoordinasikan dan memastikan semua kegiatan pengembangan dan pengorganisasian komunitas terlaksana sesuai dengan rencana kerja yang telah dibuat.

3.      Mereview dan mengkoordinasikan penyusunan modul-modul untuk melakukan pengembangan dan pengorganisasian komunitas yang diperlukan sesuai KAK.

4.      Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan termasuk mempersiapkan tools yang akan digunakan dalam secara berkala.

5.      Membuat laporan kegiatan dari seluruh proses dan hasil akhir dari kegiatan pengembangan dan pengorganisasian komunitas sesuai dengan KAK.

6.      Memastikan adanya kontrol terhadap kualitas kegiatan dan laporan sesuai dengan standar di PR TB Aisyiyah.

7.      Memastikan penyerapan anggaran terutama untuk program pengembangan dan pengorganisasian komunitas berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan.

8.      Membangun komunikasi dan pendekatan dengan pihak-pihak terkait termasuk dengan Pimpinan Organisasi Aisyiyah dan dengan pemerintah di berbagai tingkatan sesuai kebutuhan program dan untuk menggalang dukungan penanggulangan TBC di komunitas.

9.      Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan sesuai dengan kebutuhan program.



Kualifikasi:

1.      Minimal S1 Kesehatan Masyarakat, Psikologi, Kesejahteraan Sosial atau Ilmu Sosial lain yang relevan. Kandidat dengan tingkat pendidikan lebih tinggi (Master) lebih diutamakan.  

2.      Memiliki pengalaman minimal 2 tahun atau lebih dalam melakukan pemberdayaan dan pengorganisasian di tingkat komunitas (desa atau kecamatan).  

3.      Memiliki pengalaman 3 tahun atau lebih sebagai koordinator terutama dalam bidang pemberdayaan dan pengorganisasian masyarakat.

4.      Memiliki pengalaman mengelola kegiatan program yang memadai termasuk memiliki keterampilan dalam pengorganisasian, manajemen dan pengelolaan keuangan kegiatan program.

5.      Memiliki pengalaman mengelola kegiatan di bidang kesehatan terutama untuk program TBC atau TBC/HIV (diutamakan).

6.      Memiliki keterampilan mengoperasikan Ms. Excel dengan baik.  

7.      Bisa bekerja secara mandiri tanpa membutuhkan banyak arahan.

8.      Memiliki pengalaman bekerja dengan Organisasi Masyarakat Sipil atau dengan Organisasi Muhammadiyah/Asiyiyah.

9.      Memiliki kemampuan untuk bekerja bersama tim dan mengembangkan pekerjaan sesuai tugas dan fungsinya.

10.  Memiliki skill komunikasi yang baik, menghargai deadline serta memiilki sikap dan perilaku yang positif.

11.  Memiliki kemampuan menulis dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris secara aktif. 



Posisi ini berada di Jakarta dengan kemungkinan kunjungan ke beberapa wilayah kerja PR TB Aisyiyah.

Kandidat yang berminat dapat mengirimkan Surat Lamaran, CV terbaru dan 3 (dua) nama dan kontak referensi ke email admin@pr-tbaisyiyah.or.id dan Cc ke human.resources@pr-tbaisyiyah.or.id dengan mencantumkan nama posisi pada subyek email. Aplikasi paling lambat diterima pada 31 Desember 2019. Kandidat terpilih diharapkan dapat mulai bekerja pada awal Januari 2020. Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi akan dipanggil untuk wawancara. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi no telpon di +62-21-83788749  dapat mengunjungi website PR TB Aisyiyah: www.pr-tbaisyiyah.or.id. Kandidat terpilih diharapkan dapat mulai bekerja pada pertengahan January 2020. 

Tersedia di Google Playstore

Instagram

 INSTAGRAM


Linkedin

 INSTAGRAM


Facebook

 INSTAGRAM


Popular Posts