Lowongan pekerjaan - INANTA

LOWONGAN PEKERJAAN – INANTA  (Vacancy INANTA)
Inovasi Ketahanan Komunitas (INANTA) adalah  Organisasi nirlaba berbadan hukum nasional, bekerja untuk mengembangkan ketangguhan dan upaya perubahan yang berkesinambungan pada kehidupan masyarakat khususnya bagi  yang rentan. INANTA mengembangkan kegiatan program kepada masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan maupun jenis kelamin.

Sejak beberapa tahun terakhir, INANTA telah bekerja bersama Masyarakat dan Pemerintah Daerah, mengembangkan program  pemberdayaan masyarakat (Community Development), dan Manajemen risiko bencana (Disaster Risk Management) di Sulawesi Selatan, dan sejak terjadinya bencana kemanusiaan gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, INANTA  dengan dukungan donor Internasional, telah  mendukung program tanggap darurat di Sulawesi Tengah. Dan saat ini memasuki fase pemulihan (recovery) dan rehabilitasi Pasca bencana, INANTA dengan dukungan donor melanjutkan program pemulihan pada sektor air bersih, sanitasi, hunian sementara (huntara), perbaikan mata pencaharian serta peningkatan kapasitas kesiapsiagaan bencana (DRR).

Untuk mendukung program tersebut, INANTA membutuhkan dukungan personel dan kesempatan bergabung di INANTA base Palu dan Pantai Barat Donggala, beberapa posisi seperti  dibawah ini :

1.    PROJECT MANAGER
Job Position : Project Manager INANTA (PM)
Lokasi: Palu Sulawesi Tengah
Jangka waktu: 9 (Sembilan) bulan
Posisi ini mempunyai tugas pokok dan fungsi  program serta operasional  berikut ini:
1.      Menyusun, merencanakan dan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan operasi pemulihan pasca Gempa-Tsunami di Kab Sigi  Provinsi Sulawesi Tengah, sesuai dengan rencana kerja serta kerangka kerja logis proyek .
2.      Bertanggung jawab atas penyelesaian proyek tepat pada waktunya sesuai dengan rencana program dan dukungan penganggaran yang sudah ditetapkan.
3.      Bertanggung jawab terhadap  program fisik dan non fisik di tingkat lapangan  maupun pengendalian operasional kantor untuk proyek yang dipimpinnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
4.      Melakukan koordinasi internal dan eksternal lembaga untuk kelancaran operasi dan kegiatan proyek
5.      Memberikan arahan dan dukungan kepada tim proyek dan secara terus-menerus memantau dan melaporkan kemajuan proyek kepada manajemen lembaga
6.      Membuat laporan proyek yang memuat kemajuan proyek, masalah dan alternatif solusi kepada manajemen lembaga serta donor.
7.      Melakukan pemantauan, evaluasi dan penilaian hasil pelaksanaan operasi pemulihan darurat pasca bencana di  Sulawesi Tengah.
8.      Bertanggungjawab dan melaporkan pelaksanaan operasi pemulihan pasca bencana di Kab Sigi  Sulawesi Tengah kepada Direktur Eksekutif INANTA dan atau  pihak donor
9.      Melakukan tugas tugas lain yang diminta oleh Direktur Eksekutif dan atau pihak donor.

Kualifikasi yang diharapkan:
-        Warga Negara indonesia yang setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
-        Pria/Wanita, Minimum pendidikan S1, diutamakan S2 di semua bidang ilmu.
-        Mempunyai pengalaman kerja minimum 5 tahun  dengan lembaga pemerintah/organisasi non- pemerintah (LSM)/organisasi internasional/akademisi/sektor swasta
-        Memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peduli pada masyarakat serta memahami aturan/kebijakan pemerintahan khususnya di daerah
-        Cekatan, jujur, dan teliti serta berjiwa kepemimpinan yang tinggi serta mampu bekerja dalam dan dengan tim
-        Kemampuan teknis melingkupi pengetahuan dan pengalaman dalam perencaaan program pelaksanaan kegiatan proyek dan anggaran, monitoring-evaluasi serta pelaporan.
-        Kemampuan mengelola dan memonitor kegiatan project WASH (air dan sanitasi) serta DRM (pengurangan risiko bencana).
-        Memiliki kemampuan komunikasi dan interaksi dengan pemerintah, badan usaha, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, LSM dan para pihak lainnya.
-        Mampu berbahasa Inggris (dasar) dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik kepada segala kalangan (sesama rekan kerja, instansi terkait dan para pihak lainnya)
-        Terampil dalam menggunakan MS Office dan aplikasi pendukung lainnya (GIS,SPSS). 


2.    Hygiene Promoter (HP)
Position : HP (1 orang)
Lokasi: Palu - Sulawesi Tengah
Jangka waktu: 6 bulan.

Posisi ini mempunyai tugas pokok dan fungsi  program serta operasional  berikut ini:
1.      Memfasilitasi kegiatan program  Pemulihan di Kab Sigi-Sulawesi Tengah di tingkat lapangan bersama dengan Technical Officer serta Field Officers.
2.      Mempersiapkan dan mengorganisasikan para penerima manfaat melalui sosialisasi, kordinasi dan implementasi program kepada komunitas target dan pemangku kepentingan  serta menjalankan program sesuai dengan kerangka kerja (logical framework) dan rencana kerja.
3.      Bekerjasama dengan  Technical Officer,  Logistik Officer serta Field Officer dalam  perancangan teknis, pengadaan sarana/prasana dukungan pemulihan, pendataan administratif program  serta tahapan pelaksanaan kegiatan di tingkat masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsi.
4.      Menyusun dan merancang serta mengimplementasikan proyek WASH - CLTS  (Community Led Total Sanitation), bersama dengan Technical Officer, Stakeholders WASH serta komunitas.
5.      Membimbing dan membina kelompok sasaran/target penerima program WASH-Air Bersih dan Latrine keluarga secara teratur dan terjadwal pada wilayah Sigi serta Pantai barat.
6.      Mendukung Konsultan Teknis WASH/DRR dalam implementasi program WASH pada tingkat lapangan
7.      Melaporkan kemajuan proyek dan tantangan dilapangan kepada Project Manager serta menawarkan solusi alternatif pemecahannya.
8.      Membuat laporan kegiatan Program termasuk administrasi proyek di tingkat lapangan dan perkembangan kelompok sasaran secara berkala kepada Project Manager
9.      Melakukan monitoring dan implementasi secara berkala untuk kegiatan proyek
10.  Melakukan tugas tugas lain yang diminta oleh penyelia atau Project Manager.

Kualifikasi yang diharapkan:
-        Warga Negara indonesia yang setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
-        Pria/Wanita, Minimum pendidikan S1 / D3 di bidang Kesehatan masyarakat dan atau jenjang pendidikan di bidang terkait.
-        Memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peduli pada masyarakat serta memahami aturan/kebijakan pemerintahan khususnya di daerah.
-        Pengalaman minimum 2 tahun di bidang WASH in Emergencies dan atau program Community Development.
-        Mampu menggunakan program komputer MS Office (Excel,Word,Power Point, Internet dll)
-        Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi untuk  tahapan rekrutment.

3.    ASISTEN KEUANGAN DAN ADMINISTRASI
Job Position :  Asisten Admin & Keuangan (Adm)
Lokasi: Pantai Barat-Donggala
Jangka waktu: 6 (enam)  bulan

Posisi ini mempunyai tugas pokok dan fungsi  program serta operasional  berikut ini:
1.      Mengelola tata usaha (pengarsipan, surat menyurat, distribusi surat) pada project Pantai Barat
2.      Mengelola administrasi perkantoran kantor Pantai barat  (Base camp), termasuk didalamnya bertanggungjawab terhadap asset dan peralatan kantor termasuk pembayaran rutin yang dibutuhkan untuk operasional kantor Pantai barat-Donggala.
3.      Melakukan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi umum, yaitu pengarsipan, surat-menyurat, pencatatan dan dokumentasi data keuangan/administrasi.
4.      Berkoordinasi dengan bagian program dalam mengelola administrasi keuangan kegiatan pelatihan/seminar/diskusi/meeting yang diadakan INANTA dengan mitra kerja pemerintah, masyarakat dan institusi lainnya.
5.      Mengatur dan melakukan pengecekan lapangan terhadap kebutuhan lapangan (program) di pantai barat yang meliputi  lokasi, tempat pertemuan dan akomodasi serta administrasi program.
6.      Melaporkan pembukuan keuangan dan laporan kas bank sesuai dengan database setiap akhir bulan kepada Finance Officer dan atau pihak donor
7.      Melakukan tugas tugas lain yang diminta oleh penyelia Finance officer dan atau Project Manager
               
Kualifikasi yang diharapkan:
-        Warga Negara indonesia yang setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
-        Pria/Wanita, Minimum pendidikan S1 / D3 di bidang Akuntansi/Manajemen Keuangan dan atau jenjang pendidikan di bidang terkait.
-        Pengalaman minimum 2 tahun di bidang Keuangan/Akuntansi dan atau pengalaman terkait operasional serta teknis pembukuan.
-        Mampu menggunakan program komputer MS Office (Excel,Word,Power Point, Internet dll)
-        Bersedia bertugas dan ditempatkan di lokasi proyek/lapangan (Pantai Barat-Donggala) dalam waktu tertentu bersama tim lainnya.
-        Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi untuk  tahapan rekrutment.

4.      STAFF LAPANGAN (Field Officers)

Job Position : Staff Lapangan (Field Officers of  Hygiene Promoter,Livelihood,Shelters,DRR).
Lokasi: Pantai Barat-Donggala (4 orang FO).
Jangka waktu: 6 bulan
Posisi ini mempunyai tugas pokok dan fungsi  program serta operasional  berikut ini:
1.    Memfasilitasi kegiatan program operasi pemulihan pasca bencana di Sulawesi Tengah di tingkat lapangan(fields).
2.    Mengorganisasikan para penerima manfaat melalui sosialisasi, kordinasi dan implementasi program kepada komunitas target dan pemangku kepentingan  serta menjalankan program sesuai dengan kerangka kerja (logical framework) dan rencana kerja
3.    Mendukung dan membantu  Staf Program (Livelihood,CBDRM,Shelters,Hygine Promoter) dalam mengorganisir program bantuan pemulihan pasca bencana di tingkat lapangan.
4.    Mempersiapkan dan mengorganisir penerima manfaat  bersama Staff Program dan Pemangku kepentingan  (stakeholders).
5.    Melakukan kegiatan pendampingan program  pemulihan dibawah koordinasi Program Staff (Livelihood,CBDRM,Shelters,Hygiene Promoters) dan  atau Konsultan Teknis.
6.    Melakukan kordinasi intensif dengan pihak Pemerintah daerah/desa/kecamatan Lintas Sektor, Institusi terkait Pasca bencana serta pemangku kepentingan lainnya di tingkat komunitas dalam rangka Implementasi Program Pasca  Bencana kerjasama Inanta-CWS.
7.    Membuat dokumen Monitoring form dan  Evaluasi terhadap kegiatan dan capaian yang telah dilakukan di tingkat lapangan.
8.    Melakukan tugas-tugas lain yang diminta oleh Penyelia/Supervisor dan atau  Project Manager.

Kualifikasi yang diharapkan:
-        Warga Negara indonesia yang setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
-        Pria/Wanita,  minimum pendidikan S1/Diploma pada semua disiplin ilmu .
-        Pengalaman di bidang pemberdayaan masyarakat dan/atau tanggap darurat (Emergency), baik kegiatan fisik maupun non fisik.
-        Memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peduli pada masyarakat serta memahami aturan/kebijakan pemerintahan khususnya di daerah.
-        Mempunyai kapasitas dan kompetensi dalam memfasilitasi komunitas dan pemangku kepentingan local. 
-        Mampu berkomunikasi baik  dengan seluruh pihak terkait program bantuan kemanusiaan
-        Bersedia bertugas di lokasi proyek/lapangan dalam waktu tertentu bersama tim Inanta lainnya
-        Mampu menggunakan Komputer MS Office (Excel,Word,Power Point, Internet dll)
-        Bersedia untuk bertugas kurang lebih 70% di lapangan.
-        Dapat mengendarai kendaraan bermotor dan memiliki SIM C.
-        Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi untuk  tahapan rekrutment.

Surat lamaran beserta CV dikirim paling lambat 24 December 2019,  dengan alamat :
email:  yayasaninanta@gmail.com
Subject /Judul :  nama pilihanposisi_nama kandidat

Tersedia di Google Playstore

Instagram

 INSTAGRAM


Linkedin

 INSTAGRAM


Facebook

 INSTAGRAM


Popular Posts