Palladium MFP4 Project: Produksi Video Dan Foto Promosi Pendekatan Pasar Untuk Pertumbuhan Usaha Hutan Berbasis Masyarakat

Latar Belakang

Sejak tahun 2000, Foreign Commonwealth and Development Office (FCDO) dari Pemerintah Inggris telah mendukung Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memperkuat tata kelola pada sektor kehutanan melalui Program Kehutanan Multipihak (Multistakeholder Forestry Programme, MFP), yang telah dilaksanakan melalui fase pertama (2000-2007), fase kedua (2008-2013) dan fase ketiga (2014-2018). Melalui proses pengadaan terbuka, telah terpilih Konsorsium Palladium International, yang bermitra dengan Systemiq untuk mengelola pelaksanaan Program Kehutanan Multipihak Fase-4 (MFP4). Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (DitJen PHPL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah ditunjuk sebagai Penanggung Jawab (Executing Agency) dari Program MFP4.


Program MFP4 memiliki dua alur kerja dengan tujuan utama sebagai berikut:


Pertumbuhan produksi kayu olahan legal dan lestari (Growth in sustainable and legal timber production): Memastikan efektifitas dan keberlanjutan dari Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK), yang mendukung kerangka Forest Law Enforcement Governance and Trade (FLEGT), untuk meningkatkan kepercayaan antara pembeli internasional dan pensuplai domestik.

Pertumbuhan dalam bisnis hutan berbasis masyarakat (Growth in community-based forest businesses): Mendorong pengembangan bisnis hutan berbasis masyarakat untuk memanfaatkan hutan secara lestari, mencegah kerusakan hutan dan degradasinya, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui alur kerja B saat ini MFP4 sedang mendemonstrasikan sebuah pendekatan dari pasar (market driven approach) sebagai upaya mendukung peningkatan pertumbuhan usaha kehutanan berbasis masyarakat dan inisiatif perhutanan sosial di Indonesia. Dalam kerangka pendekatan itu, MFP4 melakukan inkubasi pada mitra kerjanya yang disebut sebagai Market Access Players yakni mitra yang membantu para pelaku Usaha Hutan Berbasis Masyarakat (Community-Based Forest Enterprises) untuk berkembang lebih cepat, menjadi stabil secara finansial dan dapat menjual produk yang menjawab permintaan pasar dan konsumen. Informasi lebih lanjut mengenai konsep pendekatan dari pasar yang dikerjakan oleh MFP4, dapat dilihat disini.


Untuk mempromosikan pendekatan ini kepada khalayak luas dan memperoleh dukungan serta adopsi dari pemangku kepentingan yang lebih luas seperti pemerintah, pelaku usaha, investor, organisasi donor, dan pelaksana inisiatif perhutanan sosial yang lebih luas, maka MFP4 hendak melakukan promosi pendekatan pasar ini lewat material visual berbentuk video yang kreatif dan inovatif serta koleksi foto professional untuk menunjang promosi ini.


Adapun video dan foto yang ingin diproduksi adalah:


Video dan foto ‘Promosi Edukatif Pendekatan pasar untuk pertumbuhan usaha kehutanan berbasis masyarakat’.

Fokus video dan foto ini adalah konsep pendekatan pasar dan bagaimana MFP4 melakukan tahapan serta proses inkubasi mitranya (Market Access Players), bagaimana pendekatan ini berbeda dengan pendekatan lainnya serta dampak yang dihasilkan lewat pendekatan ini.


Dalam upaya mendemonstrasikan pendekatan ini, MFP4 mendukung beberapa komoditas hutan untuk dikembangkan dengan pendekatan dari pasar (Market Driven Approach). Untuk peliputan video dan pengambilan foto, supplier akan meliput satu dari keempat komoditas dalam portfolio MFP4, yakni: Komoditas makanan dari hutan yang tumbuh liar (wildforest food), dengan mitra kerja: Timurasa


Tujuan: Video dan koleksi foto ‘Promosi Edukatif Pendekatan pasar untuk pertumbuhan usaha kehutanan berbasis masyarakat’ ini bertujuan untuk


*        Mempromosikan pendekatan pasar (Market Driven Approach) secara edukatif sebagai salah satu pendekatan yang dapat diadopsi oleh pemerintah, secara khusus, dan pemangku kepentingan yang bergerak dalam inisiatif perhutanan sosial secara umum, untuk meningkatkan pertumbuhan usaha hutan berbasis masyarakat serta mendukung kesuksesan inisiatif perhutanan sosial di Indonesia


*        Menjadi material rujukan (Knowledge Management)  bagi para pembuat kebijakan untuk mereplikasi pendekatan pasar untuk pertumbuhan usaha hutan berbasis masyakarat lainnya dengan mendokumentasikan segala proses dan tahapan inkubasi yang dilakukan MFP4


Target sasaran khalayak untuk foto dan video ini: Koleksi foto professional dan video promosi ini secara spesifik ditujukan untuk khalayak dari kelompok pemerintah serta publik yang bergerak dalam inisiatif perhutanan sosial secara lebih luas.


2.      Video dan foto pemasaran produk kacang kenari Timurasa


Timurasa adalah salah satu mitra kerja MFP4 (Market Access Player) yang turut dalam proses inkubasi untuk mendemonstrasikan pendekatan ini. Timurasa adalah perusahaan penghasil komoditas makanan dari hutan yang tumbuh liar (wildforest food). Saat ini komoditas hutan yang didukung MFP4 lewat mitranya Timurasa adalah kacang kenari, dengan lokasi operasional yang berada di Pulau Makean, Provinsi Maluku Utara, dan di Pulau Pantar serta Pulau Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam upaya untuk peningkatan kapasistas komunitas dan operasional pasokan bisnisnya, Timurasa bekerja bersama Yayasan Nirudaya Nusantara dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.


Tujuan: koleksi foto dan video ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan berbagai bentuk produk kacang kenari yang diproduksi Timurasa sesuai dengan target pasar yang disasar. Koleksi foto dan Video pemasaran dan penjualan produk akan mencakup berbagai aspek dibawah ini.


·       Memaparkan dampak positif komoditas hasil hutan Kacang Kenari dari segi sosial, lingkungan serta ekonomi


·       Menggambarkan keadaan kultur dan budaya di komunitas yang terlibat dalam rantai suplai Kacang Kenari


·       Menceritakan aspek Gender Equality and Social Inclusion (GESI) dalam keseluruhan rantai nilai usaha


Target khalayak sasaran: Konsumer yang menjadi target pasar berbagai jenis produk Kacang Kenari Timurasa


Ruang Lingkup Pekerjaan


Adapun ruang lingkup dari pekerjaan penyedia jasa ini adalah:


*           Mengusulkan rancangan teknis pembuatan kedua video yang mencakup konsep, outline cerita (story board), durasi video, daftar orang-orang yang terlibat, dan rentang waktu kerja (timeline).


*           Mengkoordinasikan dan melakukan pengumpulan informasi; wawancara dan studi literatur untuk membuatan konsep dan produksi kedua video


*           Memproduksi kedua video


*           Mengambil dan membuat koleksi foto professional yang mendukung kedua video diatas


Dalam keseluruhan proses pekerjaan ini, penyedia jasa akan bekerja bersama tim MFP4 untuk memastikan substansi serta menyetujui pelaksanaan teknis pembuatan kedua video dan konsep koleksi foto.


Hasil Kerja


Hasil yang ingin dicapai:


*           Dokumen rancangan kerja teknis (workplan) dalam pembuatan kedua video yang berisi konsep, outline cerita (story board), durasi video, daftar orang-orang yang terlibat, dan rentang waktu kerja (timeline).


*           Video ‘Pendekatan pasar untuk pertumbuhan usaha kehutanan berbasis masyarakat’ dalam Bahasa Indonesia dengan subtitle berbahasa Inggris yang siap dipublikasikan.


*           Video pemasaran produk kacang kenari Timurasa dalam Bahasa Indonesia dengan subtitle berbahasa Inggris yang siap dipublikasikan


*           Koleksi 60 foto professional terpilih yang menunjang kedua tujuan video


Kualifikasi Konsultan


Saat ini MFP4 sedang mencari penyedia jasa videografi yang terdiri dari individual atau tim untuk melakukan semua aktivitas yang tertera dalam ruang lingkup pekerjaan di atas.


Adapun kualifikasi konsultan yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah:


*           Berpengalaman dalam merancang dan memproduksi foto dan video promosi edukatif dalam sektor lingkungan dan kehuanan untuk tipe khalayak pemerintah


*           Berpengalaman dalam merancang dan memproduksi foto dan video promosi untuk tujuan komersil


Rentang Waktu


Pekerjaan ini akan dimulai Januari 2021 - Mei 2021

Alokasi Biaya


Konsultan dapat mengajukan penawaran (quote) dengan alokasi biaya maksimum IDR 150,000,000 untuk biaya jasa perorangan (professional fee) untuk keseluruhan pekerjaan ini. Sedangkan biaya aktifitas operasional untuk pelaksanaan pekerjaan ini akan ditanggung oleh MFP4 langsung.


Proses Seleksi


Seleksi akan dilakukan dengan menilai proposal teknis (55%) dan proposal keuangan (45%). Proposal teknis akan dinilai dengan skor maksimal 55 berdasarkan kriteria sebagai berikut:


*           Pengalaman dalam merancang dan memproduksi foto dan video promosi edukatif dalam sektor lingkungan dan kehutanan untuk tipe khalayak pemerintah


*           Pengalaman dalam merancang dan memproduksi foto dan video komersil


*           Pemahaman akan target khalayak sasaran


*           Kesesuaian ide, Inovasi dan kreatifitas yang ditawarkan dalam desain dan produksi video dan koleksi foto


*           Rencangan pekerjaan termasuk proses yang jelas dan realistis untuk memastikan tujuan pekerjaan dapat dicapai dengan rentang waktu yang tersedia.


Sedangkan proposal keuangan akan dinilai dengan skor maksimal 45 berdasarkan total biaya yang diusulkan untuk pelaksanaan pekerjaan ini.


Cara Mendaftar


Konsultan yang tertarik dengan pekerjaan ini dapat mengirimkan aplikasi pendaftarannya ke  Christiani.Sagala@thepalladiumgroup.com dengan menyertakan:


1.       Ringkasan proposal rancangan teknis pembuatan video dan foto serta pengajuan biaya (quote) maksimal 5 halaman, yang mencakup konsep, gambaran outline cerita, pendekatan kreatif dokumentasi, serta detail biaya yang diajukan untuk melaksanakan pekerjaan ini sesuai template yang tersedia disini.


2.       Profil singkat dari masing-masing anggota tim yang menjelaskan bahwa konsultan memenuhi kualifikasi yang kami cari beserta CV anggota tim


Batas akhir pengiriman aplikasi untuk pekerjaan ini adalah 30 Desember 2020 pukul 23.59 WIB.


Untuk informasi lebih lanjut tentang perusahaan kami, silakan tinjau situs web kami: www.thepalladiumgroup.com


Palladium memberikan pekerjaan yang setara kepada semua peserta dan karyawan tanpa memandang ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, usia, kecacatan, orientasi seksual, status veteran atau perkawinan.


 


Tersedia di Google Playstore

Instagram

 INSTAGRAM


Linkedin

 INSTAGRAM


Facebook

 INSTAGRAM


Popular Posts