YEU merupakan salah satu unit kerja YAKKUM(Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum) denganmandat melakukan tanggap bencana yang inklusif serta melibatkan masyarakatdalam kaji cepat serta distribusi bantuan. YEU juga memiliki mandat untukmembangun ketangguhan masyarakat melalui kegiatan pengurangan risiko bencanadan adaptasi perubahan iklim berbasis masyarakat. Kami membuka kesempatan untuk melakukan pelayanankemanusiaan sebagai:
Penempatan Palu
Arsitek
Staf Logistik
Staf Keuangan
Staf Pembelian
Staf Lapangan untuk Kesekretariatan, Informasi dan Komunikasi
Staf Pendamping Masyarakat Bidang Pengurangan Risiko Bencana
Staf Pendamping Masyarakat Bidang Penguatan Mata Pencarian
Staf Pendamping Masyarakat untuk Bantuan Langsung Tunai
Staf Pendamping Masyarakat untuk Pendamping Lansia
Staf Pendamping Masyarakat untuk Program Inklusi Difabel
Staf Pendamping Masyarakat untuk Program Air, Sanitasi dan Kebersihan serta Pembangunan Hunian
Staf Pendamping Masyarakat – AhliNutrisi
Penempatan Lombok
Arsitek
Staf Logistik
Staf Lapangan untuk Kesekretariatan, Informasi dan Komunikasi
Penempatan Lampung
Staf Logistik
Staf Keuangan
Staf Lapangan untuk Kesekretariatan, Informasi dan Komunikasi
Penempatan Yogyakarta
Housekeeping Staff untuk Disaster Oasis Training Center
SYARATUMUM
1. Memiliki dan/ atau Penguasaan terhadap,
· Berorientasi padapemecahan masalah;
· Memenuhi siklus PDCA (Plan Do Check Action) dalam menjalankanfungsi;
· Pengorganisasian tim;
· Kerjasama tim;
· Komunikasi kelompok dan personal;
· Tertib administrasi;
· Membuat, membaca danmenganalisa progres kerja.
2. Pendidikan minimal S1.
3. Bersedia ditempatkan sesuai wilayah kerjayang telah ditentukan.
4..Mengikuti seluruh tahapan seleksi secara lengkap danserempak.
*Untuk Housekeeping Staff untuk Disaster OasisTraining Center pendidikan minimal SMA.
AdapunUraian Tugasdan Syarat Khusus yang akandiberikan adalah:
1. Staf Lapangan untuk Kesekretariatan, Informasi danKomunikasi
· Melakukan administrasi umum, yang meliputi surat-menyurat, pengarsipan, dokumentasi data dan pencatatan untuk kebutuhan internal maupun eksternal;
· Melakukan persiapan dan pelaksanaan pertemuan internal tim proyek maupun pertemuan lainnyayang berkaitan dengan proyek yang berjalan dan/atau lembaga berupa presensi,notulensi dalam pertemuan.
· Bertanggung jawab terhadap proses maupun hasilrekam kegiatan proyek dan/ atau lembaga dalam bentuk tertulis dan audio-visual, yang meliputi (dan tidak terbatas pada) pengamatan,pengkajian, wawancara, pertemuan kelompok, kuesioner, survei, referensi pihaklain/ data, dan bentuk rekam kegiatan lainnya;
· membuat laporan kegiatan sesuai format yangberlaku
· pengiriman laporan kegiatan sesuai tenggatpengiriman yang berlaku, baik untuk kebutuhan publikasi umum, jejaring kemitraan dan/ atau donor.
Syarat Khusus: S1 danmemiliki kemampuan Bahasa Inggris aktif dan pasif.
2. StafLogistik
· Melakukanpencatatan serta pengarsipan terkait inventaris kantor dan gudang.
· Melakukan pendistribusian barang kebutuhanlapangan, memonitoring sampai barang diterima di lapangan dan membuat laporan penerimaan barang (membandingkan Laporan pengiriman dan penerimaannya)
· Melakukan pengelolaan dan perawatanaset peralatan kantor dankendaraan kantor
· Melakukan proses pembelian untuk kebutuhankantor maupun kebutuhan program sesuai dengan SOP yangberlaku dan melakukan pengarsipan atas transaksi yang dilakukan
· Mempersiapkan data administrasi untuk kepentingan audit monitoring.
Syarat Khusus: S1 dan memiliki pengalaman kerja di bidang terkait minimal 1 tahun.
3. Staf Keuangan
· Mengeloladana atau kas kantor sesuai SOP Keuangan yang berlaku;
· Membuat laporan keuangan areasecaraberkala
· Mengelola mess dan kantor, termasuk didalamnyabertanggungjawab terhadap pembayaran-pembayaran rutin yang dibutuhkan untukoperasional kantor maupun messseperti listrik, telepon dan pembayaran rutin lainnya serta sewa kantor dan mess,melalui staf di area (komunikasi dengan staf di area);
· Melakukan fungsi kontrol bersama dengan ManajerProyek terhadap penggunaan dana di lapangan sesuai dengan permintaan yangdiajukan ke kantor pusat dan cash flow area;
· Mempersiapkan data administrasi untuk kepentinganaudit monitoring.
Syarat Khusus: S1 JurusanAkuntansi atau memiliki pengalaman kerja di bidang keuangan minimal 1 tahun.
4. Arsitek
· Bertanggung jawab pada pembangunan Rumah dan Toilet yang inklusif; dan
· Melakukan asesmen bersama Tim Program Air, Sanitasi dan Kebersihan dengan masyarakat, dinas, dan atau komunitas yangrelevan.
Syarat Khusus: S1 Jurusan Arsitek atau memiliki pengalaman kerja di bidang arsitek minimal 1 tahun.
5. Staf Pembelian
· Menerbitkan Purchase Order (PemesananPembelian) sesuai dengan Purchase Request (PermintaanPembelian) yang telah disetujui dengan mengacu pada SOP(Standard Operational Procedures/Prosedur Operasi Standar);
· Melakukan kontrol atas pengadaan barang baikuntuk kebutuhan kantor maupun kebutuhan program sampai dengan dilakukanpenerimaan barang pada logistik;
· Melakukan survei penawaranterhadap order barang yang dibutuhkan pada mitra-mitra kerja sehubungan dengankepentingan administrasi kantor (melengkapi dan mengoptimalkan basisdata pemasok dan penawaran)yang mengacu pada SOP;
· Menjalankan proses pembelian sesuai SOP;
· Melakukan pembaruan basisdatavendor.
Syarat khusus: S1 dan memiliki pengalaman kerja di bidangterkait minimal 1 tahun.
6. Staf Pendamping Masyarakat(Bidang Pengurangan Risiko Bencana, Penguatan Mata Pencarian, Program TransferTunai, Pendamping Lansia, Program Inklusi, Program Air, Sanitasi dan Kebersihanserta Toilet Umum, Ahli Nutrisi)
· Melaksanakan program respon bencana dalam bentukpemberian dukungan psikososial yang dengan memasukkan unsurBidang terkait;
· Melaksanakan program pengorganisasian berbasismasyarakat untuk sektor terkait;
· Melakukan pendampingan kepada masyarakat yangterkena dalam bentuk distribusi maupun pendampingan secara langsung dalampenyadaran, peningkatan kapasitas masyarakat, maupun perbaikan terhadap tempatpengungsian;
· Bersama masyarakat/ dinas/ komunitasyang relevan untuk melakukan indentifikasi permasalahan, kerentanan, risiko dankebutuhan serta potensi/ kapasitas yang ada dimasyarakat secara partisipatif, menyepakati rencana aksi, serta mengembangkanide-ide alternatif program yang inovatif sesuai masalah yang dihadapi olehmasyarakat dampingan;
· Bertanggung jawab atas keluaran proyek denganmelaksanakan perencanaan program sesuai tujuan dan durasi waktu yang ada dalam pelaksanaan proyek sesuai denganyang telah dirumuskan dalam bentuk rencana kerja dan logical framework lembaga dan konteks dimasyarakat yang didampingi; dan menyusun kerangka acuan kegiatan sebagai acuandalam menjalankan kegiatan sesuai rencana kerja yang diajukankepada Program Manajer.
Syarat Khusus: S1 sesuaijurusan terkait dan memiliki pengalaman berorganisasi.
7. Housekeeping Staff untukDisaster Oasis Training Center
· Melakukan cek terhadap pesan di logbook(buku catatan harian);
· Menyiapkan perlengkapan dan peralatan kebersihankamar tidur dan kamar mandi;
· Menjaga kebersihan dan kerapihankamar tidur serta ruang meetingtermasuk berfungsinya semua fasilitas yang ada di dalamnya;
· Mengumpulkan cucian dan mengirimkan voucer laundry(cucian) tamu ke Front Office untukpenagihan;
· Melakukan layanan room service (pelayananruang) ataspermintaan tamu.
Syarat Khusus: memiliki pengalaman bekerja di bidang servis minimal 1tahun.
Selanjutnya sistem rekrutmen yang perlu diikutiadalah:
1. Pengajuan aplikasi dalam bentuk Surat Lamaran dengan memberikanlampiran,
· Daftar Riwayat Hidup/ Curiculum Vitae Lengkap;
· Transkrip Nilai Akademik.
2.Aplikasi diterima paling lambat 18 Oktober 2019.
Kirim surat lamaran, CV dan transkrip akademik ke:
Kantor YEU (Yakkum Emergency Unit)
Jalan Kaliurang Km 12 Dusun Candi 3 Nomor 34, RT 03/RW 06, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, DaerahIstimewa Yogyakarta 55581
Atau kirimsurat lamaran, CVdan transkrip akademik ke:
yeu@yeu.or.id
hrd.yeu.jogja@gmail.com
am.natalia@yahoo.co.id
Subject Email: (Posisi yang Dilamar – Lokasi Penempatan)
Informasi lebihlanjut, silahkan buka: http://www.yeu.or.id