DIBUTUHKAN TENAGA AHLI: Pengembangan Modul SETARA Online Interaktif

Terms of Reference

Konsultan Pengembangan Modul SETARA Online Interaktif

1.      Latar Belakang
 
Di dalam desain Program GUSO (Get Up Speak Out) dan Yes I Do, pendidikan seksualitas komprehensif untuk remaja usia 10-14 tahun menjadi komponen kunci intervensi yang harus diberikan kepada penerima manfaat program. Pendidikan seksualitas komprehensif tersebut diberikan melalui modul SETARA (Semangat Dunia Remaja) yang bertujuan untuk memperkuat remaja dalam mengambil keputusan yang sehat terkait seksualitasnya, membangun relasi yang sehat, menegosiasikan keputusannya dan berani mencari layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang dibutuhkan. Modul tersebut diberikan kepada remaja di lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 7 dan kelas 8.

Modul SETARA telah diimplementasikan sejak tahun 2013 mulai dari Program UFBR (United for Body Rights) yang dilanjutkan dengan program GUSO dan Yes I Do. Di tahun 2018, Rutgers melakukan revisi modul SETARA Kelas 7 menggunakan cara pandang pendekatan berbasis hak serta transformasi gender dan diimplementasikan di 7 wilayah intervensi program GUSO dan Yes I Do pada tahun ajaran akademik 2018-2019. Selanjutnya, tahun 2019 Rutgers melakukan revisi modul SETARA kelas 8 untuk mempersiapkan implementasi pendidikan seksualitas komprehensif tahun ajaran 2019-2020 untuk siswa yang naik dari kelas 7 ke kelas 8.

Di tahun 2020 ini, dunia dilanda Covid-19 termasuk Indonesia. Hal ini mempengaruhi kegiatan pembelajaran di seluruh sekolah, termasuk di wilayah yang menjadi intervensi program GUSO dan Yes I Do. Berdasarkan keputusan bersama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri, serta Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring sampai dengan Desember 2020, termasuk di sekolah-sekolah yang menjadi wilayah intervensi program GUSO dan Yes I Do. Untuk memfasilitasi proses pengajaran Modul Setara maka akan dikembangkan modul Setara online dan interaktif yang mudah serta dapat digunakan baik oleh guru dan siswa selama pembelajaran di rumah.

Dalam pemenuhan hal tersebut, Rutgers WPF Indonesia akan merekrut konsultan baik individu maupun tim untuk mengembangkan modul Setara Kelas 7 dan 8 versi online interaktif.

2.      Tujuan Konsultansi
Tujuan dari kegiatan ini yaitu:

·        Memilih konsultan untuk pengembangan Modul Setara online interaktif.

·        Mengembangkan Modul Setara online interaktif Kelas 7 dan Kelas 8
 
3.      Output
Keluaran dari kegiatan ini yaitu:

1)    Modul Online Interaktif SETARA kelas 7

2)    Modul Online Interaktif SETARA kelas 8


4.      Kriteria Keahlian Konsultan
 
1)   Berpengalaman langsung dalam menyusun modul secara online dan interaktif lebih dari lima tahun – harap menyertakan link/copy dari modul online yang pernah dikembangkan,

2)    Memiliki kemampuan digitalisasi pembelajaran sekolah yang mudah dipahami, mudah diakses dan memiliki kekuatan audio-visual yang menarik, termasuk alat pemantauan penerimaan pembelajaran,

3)    Memiliki software dan tools sendiri yang siap dimanfaatkan untuk project ini, Rutgers Indonesia tidak menyediakan software tambahan untuk memproduksi output diatas,

4)    Individu atau tim yang memiliki pengalaman terkait isu Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas merupakan kelebihan dalam proses seleksi ini,

5)    Mampu bekerja dalam tim, terbuka, responsif, dan bekerja dengan customer based orientation merupakan kelebihan dalam proses seleksi ini.

6)   Mengirimkan proposal yang berisi:

Strategi/pendekatan/rencana kerja yang akan dilakukan untuk memenuhi output
Langkah-langkah pengerjaan penyelesaian output
Timeline tahapan dan penyelesaian pekerjaan
CV calon konsultan (CV tim calon konsultan bila bekerja dalam tim)
Contoh hasil produk sebelumnya yang relevan dengan pekerjaan konsultatif ini.
Pengajuan biaya

7)    Isi modul versi cetak dapat diakses dengan mengirimkan email terlebih dahulu kepada ely@rutgers.id untuk mendapatkan link.

5.      Penawaran Batas Waktu
 
Rutgers WPF Indonesia menyediakan alokasi waktu untuk dapat menyelesaikan output diatas selama 30 hari kerja. Rutgers WPF Indonesia akan memberikan biaya konsultatif per-output sesuai dengan nilai standar yang dimiliki oleh Rutgers WPF Indonesia. Apabila timbul biaya lain di luar fee akan ditanggung oleh Rutgers WPF Indonesia dalam bentuk reimbursement yang terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari Rutgers WPF Indonesia.

Bagi yang berminat untuk melamar posisi ini mohon untuk mengirimkan Proposal lengkap sesuai yang tercantum dalam poin 5 di atas ke alamat email recruitment@rutgers.id paling lambat tanggal 10 Juli 2020.

 RutgersWPF Indonesia gives equal opportunity employment regardless of gender, sexual orientation, religion.


Tersedia di Google Playstore

Instagram

 INSTAGRAM


Linkedin

 INSTAGRAM


Facebook

 INSTAGRAM


Popular Posts