Vacancy at CI Indonesia: South Sorong Program Officer

 VACANCY ADVERTISEMENT

Bekerja di lebih dari 30 negara secara global, Conservation International (CI) adalah organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat agar bertanggung jawab dan secara berkelanjutan peduli terhadap alam demi kebaikan umat manusia. Kami terus tumbuh dan mengembangkan ke wilayah baru dan wilayah lama. Saat ini kami sedang mencari kandidat untuk mengisi posisi berikut di Sorong, West Papua:

South Sorong Program Officer  

(Code: SSP_O)

 

Posisi ini akan mendukungan untuk perencanaan dan pelaksanaan inisiatif perhutanan sosial di Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat. Posisi ini akan mendukung tim program untuk mencapai tujuan proyek termasuk pembentukan konsesi perhutanan sosial dengan masyarakat lokal, mengamankan untuk konsesi, mengembangkan rencana pengelolaan dan pelatihan untuk pemimpin masyarakat dan manajer konservasi.

Posisi ini akan mendukung pengembangan peta jalan untuk mengamankan konsesi perhutanan sosial dan mengidentifikasi masyarakat yang tinggal di daerah karbon tinggi yang tertarik untuk bekerja dengan CI untuk mengembangkan konsesi perhutanan sosial. Posisi ini juga akan berperan penting bagi tim Sorong Selatan dan bertanggung jawab atas berbagai tanggung jawab yang mencakup hal seperti, kunjungan pelingkupan ke masyarakat pedesaan, organisasi acara dan lokakarya, penyusunan laporan serta dukungan administratif dan logistik. Posisi ini harus memiliki atau akan mengembangkan pengetahuan yang kuat tentang masyarakat, kebijakan dan lingkungan kabupaten.

Sorong Selatan Program Officer juga akan berkolaborasi dengan Program CI lainnya di Papua Barat dan provinsi lain serta masyarakat sipil dan mitra pemerintah lainnya. Ini akan membutuhkan kesadaran budaya yang kuat dan keterampilan komunikasi interpersonal. Dia harus mampu bekerja secara efektif dengan masyarakat lokal, pemangku kepentingan dan mitra.

Posisi ini akan bekerja sama dengan Koordinator Sorong Selatan, Direktur Program Papua Barat dan staf CI Indonesia di Manokwari, Kaimana, Fakfak, Raja Ampat, Bali dan Jakarta. Kami mencari individu yang bersemangat tetapi fleksibel, dengan komitmen kuat untuk konservasi yang dipimpin masyarakat, Papua Barat dan keterampilan komunikasi yang sangat baik.

TANGGUNG JAWAB:

·       Membangun dan memelihara hubungan dengan masyarakat lokal yang terlibat dalam perhutanan sosial

·       Mendukung tim Sorong Selatan untuk acara dan lokakarya tentang perhutanan sosial, pengembangan mata pencaharian, pembiayaan berkelanjutan, kebijakan karbon, dll.

·       Mendukung tim Sorong Selatan dan masyarakat lokal mengamankan dasar hukum dan rencana pengelolaan untuk konsesi perhutanan sosial.

·       Ikut serta dalam Sorong Selatan untuk mengidentifikasi cakupan kawasan potensial yang memiliki karbon tinggi, dikategorikan untuk konversi dan milik masyarakat yang tertarik bekerja sama dengan CI untuk melestarikan lahan mereka.

·       Mendukung tim untuk mengembangkan peta jalan dengan langkah-langkah yang jelas yang akan mengarah pada pengamanan konsesi perhutanan sosial dengan masyarakat lokal.

·       Mendukung tim CI yang bekerja pada pembiayaan berkelanjutan dan kebijakan karbon untuk berbagi pengetahuan lokal tentang karakter Sorong Selatan, ancaman dan peluang.

·       Mengidentifikasi kebutuhan masyarakat lokal dan kegiatan pengembangan mata pencaharian potensial, terutama yang dapat diakses oleh perempuan.

·       Berkomunikasi secara efektif dan bekerja sama dengan staf CI di Sorong Selatan dan kantor lainnya.

 

 

ADDITIONAL RESPONSIBILITIES:

·       Mematuhi kebijakan dan prosedur operasional CI, berkoordinasi dengan tim Operasi CI jika diperlukan untuk grant, kontrak, pengaturan perjalanan, anggaran, dll.

·       Memberikan dukungan untuk program lapangan Papua Barat sesuai kebutuhan dan mewakili Sorong Selatan dalam pertemuan strategi di CI internal.

·       Mematuhi Prosedur Keselamatan & Keamanan CI, terutama yang terkait dengan COVID-19

 

KUALIFIKASI:

·       Lulusan sarjana atau diploma empat tahun

·       Setidaknya 1 tahun pengalaman kerja dengan masyarakat Papua Barat, konservasi, pendidikan lingkungan dan/atau pengembangan mata pencaharian

·       Pengalaman bekerja di Papua Barat, terutama bekerja dengan masyarakat pesisir terpencil.

·       Pengalaman bekerja dengan berbagai mitra dari sektor swasta, LSM, pemerintah, dll

·       Kemampuan demonstrasi untuk bekerja dengan tim.

·       Layanan terfokus, sopan dan bijaksana, dengan kemampuan terbukti untuk bekerja secara efektif dengan orang lain.

·       Tertarik dengan konservasi yang mendukung masyarakat lokal.

·       Menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi di bawah arahan supervisor.

KUALIFIKASI TAMBAHAN:

      Pengalaman mengembangkan konsesi perhutanan sosial dengan masyarakat

      Diutamakan yang memiliki pengalaman bekerja di Sorong Selatan

 

KONDISI KERJA

      Penempatan di Sorong Selatan, Papua Barat dan di perlukan perjalanan ke daerah terpencil di kantor CI lainnya.  

 

Silahkan mengirimkan CV dan Surat Lamaran (tidak lebih dari 4 halaman) ke:

ci-indonesia.hrd@conservation.org

 

 

dengan format “subject” email:

< SSP_O > - < nama pelamar >

 

Batas waktu pengiriman Aplikasi pada November 30, 2021

 (Hanya pelamar yang lolos seleksi yang akan dihubungi)

 

Tentang CI, selengkapnya pada:

Tersedia di Google Playstore

Instagram

 INSTAGRAM


Linkedin

 INSTAGRAM


Facebook

 INSTAGRAM


Popular Posts