KONSULTANT SROI RIKOLTO INDONESIA

 

CALL for PROPOSAL

KONSULTAN UNTUK ANALISIS SROI (Social Return on Investment)

Program Kota Cerdas Pangan, Rikolto di Indonesia

LATAR BELAKANG

Rikolto adalah lembaga jejaring internasional yang memiliki pengalaman lebih dari 50 tahun dan telah bermitra dengan organisasi petani dan aktor – aktor lainnya yang terlibat dalam sistem pangan di  6 wilayah yaitu Afrika Barat, Afrika Timur, Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika Latin dengan total 18 negara bekerja menjalankan program. Good Food for Cities atau Kota Cerdas Pangan merupakan salah satu program yang dibangun oleh Rikolto untuk mendorong pengembangan sistem pangan perkotaan yang tangguh, inklusif, kondusif, dan berkelanjutan bersama-sama dengan pemangku kepentingan terkait.

Di Indonesia,  program Kota Cerdas Pangan telah diimplementasikan di empat kota yaitu Kota Depok, Bandung, Surakarta, dan Denpasar menggunakan tiga pendekatan utama yaitu:

  1. Produksi pangan berkelanjutan untuk mendorong adopsi praktek-praktek pertanian yang berkelanjutan dan tangguh dalam pemenuhan kebutuhan pangan kota. Serta mengembangkan kapasitas kelompok produsen skala kecil dalam pengelolaan lembaga, keuangan, dan bisnisnya.
  2. Pasar yang inklusif untuk menyederhanakan rantai, mendorong adopsi model bisnis yang inklusif dan/atau sirkular, membangun kapasitas anak muda dalam hal kewirausahaan, dan mengembangkan model pengelolaan pangan di sekolah yang dapat menjamin akses pangan secara sehat, bergizi dan berkelanjutan.
  3. Lingkungan yang kondusif dengan membangun koalisi multi pihak dan meningkatkan dukungan dan akses pembiayaan serta investasi bagi UMKM yang memproduksi pangan sehat, bergizi, dan berkelanjutan di perkotaan.

Dalam rangka mengevaluasi kegiatan Rikolto di Indonesia pada program Kota Cerdas Pangan yang telah berjalan, akan di lakukan analisis efisiensi melalui perhitungan Social Return on Investment (SROI) untuk melihat relasi antara dampat (outcome) dan pemanfaatan sumber daya yang digunakan.

Untuk itu, Rikolto membutuhkan konsultan independen, khususunya yang berpengalaman dalam analisis efisiensi dapat mengajukan proposal kepada Rikolto berdasarkan Kerangka Acuan Kerja sebagai berikut:

TUJUAN

Kegiatan ini bertujuan untuk menganalsis ratio Social Return on Investment (SROI) kegiatan Kota Cerdas Pangan di Indonesia khususnya di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah dan Kota Depok, Provinsi Jawa Barat yang dilakukan melalui:

  • Pelaksanaan workshop metodologi penghitungan SROI bersama dengan Rikolto Indonesia, mitra Rikolto Indonesia, dan pemangku kepentingan terkait lainnya.
  • Pemetaan kebutuhan data dan penyusunan rencana pengumpulan data.
  • Pengumpulan dan analisis data baik melalui konsultasi dan diskusi maupun pengumpulan data sekunder.
  • Penyusunan laporan SROI untuk program Kota Cerdas Pangan di Surakarta dan Depok.

METODOLOGI

SROI adalah kerangka pengukuran yang membantu organisasi dalam menganalisis penciptaan nilai sosial, lingkungan, dan ekonomi dari suatu investasi dalam konteks tertentu. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam melakukan analisis SROI (Gambar 1):

  1. Menetapkan ruang lingkup (scope): tujuan SROI, subyek program yang dianalisis, rentang waktu aktivitas program yang dinilai, dan wilayah geografis program.
  2. Mengidentifikasi pemangku kepentingan kunci dan perannya dalam program.
  3. Memetakan outcome dengan menggunakan teori perubahan program sebagai inspirasi bukan guidance. Mengeksplorasi dan menemukan outcome yang tidak terduga.
  4. Mengidentifikasi, mengukur, dan menilai berbagai input yang diperlukan untuk investasi dari waktu ke waktu. Input bisa berupa sumber daya modal/capital, keuangan, manusia (termasuk waktu dan ketrampilan), dan lingkungan.
  5. Mengidentifikasi dan mendeskripsikan outcome dengan melakukan curah pendapat bersama pemangku kepentingan tentang perubahan yang mereka terima sebagai hasil dari program. Merefleksikan bersama pemangku kepentingan terkait: manfaat langsung dan tidak langsung, hasil/outcome nyata (tangible) dan kurang nyata, hasil positif dan negatif, hasil yang tidak terduga atau tidak disengaja. Meminta pemangku kepentingan untuk mengurutkan berdasarkan tingkat kepentingan. Setelah konsultasi dengan pemangku kepentingan, tim program dan konsultan menentukan daftar outcomes untuk penilaian lanjutan (kuantifikasi dan valuasi).
  6. Valuasi outcome dengan memberi nilai bagi masing-masing outcome dalam kurun periode program, menentukan deadweight dan atribusi bagi masing-masing outcome.
  7.  Menghitung SROI
  8. Memverifikasi/ memvalidasi informasi dan data
  9. 9.       Menuliskan narasi dan laporan

LINGKUP KERJA

Konsultan bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan kegiatan dengan tugas dan fungsi sebagai berikut:

  1. Mengkoordinasikan pelaksanaan rangkaian kegiatan perhitungan SROI sesuai linimasa dan pembagian tanggung jawab yang disepakati bersama Rikolto.
  2. Mendampingi seluruh proses perhitungan SROI di dua kota yaitu Kota Surakarta dan Kota Depok, mulai dari workshop hingga finalisasi draft.
  3. Mempersiapkan dan memberikan materi workshop metodologi perhitungan SROI.
  4. Melakukan pemetaan kebutuhan data dan proses pengumpulan data.
  5. Menyusun dan menyampaikan draft laporan dan laporan final berisikan analisis dan hasil perhitungan SROI Program Kota Cerdas Pangan di dua kota.
  6. Memastikan seluruh kegiatan berjalan tepat waktu.
  7. Memberikan ruang bagi staf Rikolto dam mitra berpartisipasi dalam proses perhitungan SROI.

LINIMASA KEGIATAN

Kegiatan penghitungan SROI akan dilaksanakan pada bulan Juni hingga November 2024, dengan rincian linimasa kegiatan sebagai berikut:

1.       Workshop metodologi perhitungan SROI (Bulan Juni 2024)

Bertujuan untuk melatih penggunaan SROI dan diskusi terkait metodologi perhitungan SROI, serta persiapan sebelum konsultasi dan verifikasi dengan pemangku kepentingan terkait. Dalam sesi ini dilakukan juga (1) pemetaan kebutuhan data dan (2) penyusunan rencana kegiatan.

2.       Pengumpulan Data (Juli 2024)

3.       Analisis perhitungan SROI dan Penyusunan Laporan (Agustus 2024)

4.       Sesi diskusi dan verifikasi data (September 2024)

5.       Draft I laporan perhitungan SROI Kota Surakarta dan Kota Depok (Oktober 2024)

6.       Finalisasi laporan perhitungan SROI Kota Surakarta dan Kota Depok (November 2024)

 

Konsultan bertanggung jawab untuk memastikan seluruh kegiatan tersebut di atas berjalan lancar, efektif, dan tepat waktu. 

KELUARAN

Hasil keluaran yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah laporan perhitungan SROI dan laporan pelaksanaan rangkaian kegiatan yang telah disebutkan sebelumnya.

Dalam hal ini tim konsultan bertanggungjawab untuk melakukan koordinasi rutin dan menyampaikan progres kegiatan paling tidak dua kali dalam sebulan baik secara daring maupun tatap muka langsung.

PERSYARATAN TEKNIS KONSULTAN

  • Keahlian dalam analisis efisiensi yang menggunakan pendekatan SROI (Social Return on Investment), diutamakan dalam bidang pertanian dan sistem pangan (min. 3 tahun)
  • Pemahaman yang kuat tentang dinamika perubahan dalam sistem pangan, rantai nilai pertanian, dan pengembangan kapasitas organisasi petani (min. 5 tahun), dengan pengalaman yang telah terbukti di bidang yang diusulkan
  • Pengalaman yang terbukti dalam menyesuaikan penerapan metode penelitian dengan kebutuhan dan realitas klien untuk mendorong rasa memiliki dan kemampuan untuk direplikasi
  • Kefasihan profesional dalam penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
  • Kemampuan untuk mengembangkan dan menulis kerangka kerja dan pedoman yang jelas dan praktis
  • Kemampuan untuk menulis laporan dan rekomendasi yang jelas, realistis, dan relevan
  • Kesesuaian metodologis dengan kerangka kerja penilaian dampak Rikolto

PENGIRIMAN PROPOSAL

Kami mengundang para konsultan (secara tim atau independen) yang memiliki pengalaman dalam SROI untuk memasukkan proposal kepada Rikolto Indonesia, dengan mengirimkan proposal lengkap yang menuangkan:

  • Proposal mengacu kepada rangkaian kerangka acuan kerja dan durasi Juni s.d Juli 2024
  • Proposal yang diajukan sudah merincikan anggran honor/jas konsultan dengan nilai tidak melebih dari Rp.50.000.000 (kotor); biaya ini tidak termasuk kegiatan operasional yang menjadi tanggungjawab Rikolto.
  • Profil konsultan dan/atau tim dengan track record / pengalaman SROI

Proposal dapat dikirimkan melalui email ke: recruitment.id@rikolto.org tidak lewat dari hari Senin,  13 Mei 2024.

Hanya konsultan yang memenuhi persyaratan yang akan di hubungi.

Gambaran lebih lanjut tentang Rikolto dapat melihat pada website kami : https://www.rikolto.org/


Hormat kami,

Rekrutmen Departemen

Rikolto Indonesia

Tersedia di Google Playstore

Instagram

 INSTAGRAM


Linkedin

 INSTAGRAM


Facebook

 INSTAGRAM


Popular Posts